Lihat Kategori
294
3

Tahukah Ayah Bunda, bahwa 20% dari masalah kesuburan disebabkan oleh kelainan pada tuba falopi. Secara tradisional, pengecekan tuba pada saat Fertility Work-Up, biasanya dilakukan dengan metode hysterosalpingography (HSG). Istilah ini tentu sangat umum di kalangan Ayah Bunda pejuang dua garis. Beberapa rumah sakit menyarankan HyFoSy atau Hysterosalpingo-foam sonography.


Apa perbedaan HSG dan HyFoSy


HSG menggunakan cairan radioaktif untuk melihat kondisi tuba. Karena cairan yang digunakan bersifat radioaktif, HSG memberikan efek radiasi ringan. Sedangkan HyFoSy, menggunakan foam yang tidak memberikan efek radiasi dan juga tidak menimbukan rasa sakit sesakit HSG. Selain itu, HyFoSy juga lebih murah daripada HSG.


Demikian perbedaan antara HSG dan HyFoSy dari artikel-artikel yang saya baca. Jika ada yang salah boleh dikoreksi Ayah Bunda.. smile


Kategori:
 ·  balasan terakhir: adindalest
85
1

Saya sering pusing karna banyak pikiran atau stres. Saya kadang suka marah-marah sendiri sampai bisa menyakiti diri sendiri. Rasanya kadang pengen jauh dari semua orang. Kadang sedang stres karna kerjaan, di rumah juga malah sering disalahin sama keluarga mertua hingga ujung-ujungnya jadi berantem.


Saya sudah lepas KB sejak 5 bulan yang lalu dan sudah rutin berhubungan. Saya juga sudah pernah hamil anak pertama, tapi kenapa sekarang saya jadi susah hamil ya? Apa ada pengaruhnya stres terhadap kehamilan?


Kategori:
 ·  balasan terakhir: Silvia Maharani
51
2

Kehamilan ektopik adalah kehamilan dengan kondisi janin atau embryo yang tumbuh dan berkembang di luar rahim.



Halo Bunda, apakah di sini ada bunda yang pernah mengalami kehamilan ektopik? Saya habis baca-baca tentang kekurangan program hamil dengan metode bayi tabung atau IVF. Salah satu kekuranganan adalah kehamilan ektopik. Karena saya penasaran, saya cari informasi tentang kehamilan ektopik. Dan benar, salah satu penyebabnya bisa karena bayi tabung IVF.


Jadi yang ingin saya tanyakan, kalau hasil bayi tabungnya kehamilan ektopik. Apa itu pasti gagal atau bisa dipindahkan ya bund? Karena biaya bayi tabung kan lumayan mahal ya bund. Selain sedih kehilangan calon anak, juga syedih tabungan bertahun-tahun hasilnya gagal smile


Kategori:
 ·  balasan terakhir: RatnaSeria
98
2

Sudah menjadi rahasia umum bahwa olahraga merupakan aktivitas yang menjadi pendukung tubuh sehat. Rutin berolahraga membantu menjaga kadar gula dalam darah agar tetap stabil, menurunkan risiko penyakit jantung dan juga untuk memelihara kesehatan seksual.


Tapi tahukah Ayah Bunda jika olahraga yang berlebihan dapat mengganggu kesuburan juga? Dikutip dari alodokter, olahraga berat lebih dari satu jam sehari dapat menggangu proses pelepasan sel telur. Proses pelepasan sel telur sendiri membutuhkan energi agar bisa terjadi. Olahraga berat membuat tubuh kekurangan energi untuk melakukan ovulasi. Sehingga proses ovulasi menjadi tertunda.


Perlambatan ovulasi ini membuat siklus haid Ayah Bunda menjadi tidak teratur. Tidak teraturnya siklus haid dapat memicu penipisan dinding rahim. Seperti yang kita ketahui, penipisan dinding rahim dapat menggangu proses implantasi atau penempelan embryo pada rahim.


Jadi, bagi bunda yang hobi olahraga. Sebaiknya melakukan olahraga ringan hingga menengah saja selama melakukan program hamil. Apa saja sih olahraga yang termasuk ringan hingga menengah? berikut listnya dari saya:


  1. Zumba
  2. Yoga
  3. Senam
  4. Berenang
  5. Joging

Bagi Ayah Bunda yang ada rekomendasi olahraga ringan hingga menengah lainnya. Yuk berbagi di kolom balasan smile


Kategori:
 ·  balasan terakhir: RatnaSeria
218
3
ierlinasari diposting May 18 pada 1:45 pm

Saya dan suami sudah menikah sekitar 1,5th dan dari awal menikah blum pernah sama sekali hamil. Setelah itu kami periksa semua mulai dari analisis sperma, usg transvagina hingga Hsg.


setelah hasil keluar ternyata suami saya asthenozoospermia, dan hasil HSG saya menunjukkan tuba patent (saluran tidak buntu) tapi terdapat kinking di tuba kanan, dan adhesi distal di tuba kiri.


apa artinya kedua tuba saya bermasalah? Dan jalan satu2 nya harus IVF? Atau bisa diperbaiki ? Knp bisa ada adhesi distal tuba? Apa penyebabnya?


Kategori:
 ·  balasan terakhir: RatnaSeria
89
4

Apakah masa subur pada pria juga bisa berakhir? Jika pada bunda berakhirnya masa fertil (usia subur) disebut menopause. Apakah pada pria juga ada usia tertentu dimana berakhirnya usia subur?


Jika menopause pada bunda ditandai dengan berakhirnya siklus haid. Lalu apakah tanda-tanda andropause pada pria? Pada pria, andropause akan menampakkan gejala setelah usia 50 tahun. Meski begitu, tidak semua pria akan mengalami gejala andropause. Banyak faktor sosial atau kebiasaan yang membuat seorang pria memiliki risiko mengalami andropause dini.
625d25e5e3d22 Sumber:balancedmedicalsolutions.com


Ada sebuah penelitian yang mencoba mencari tahu berapa persentase andropause. Penelitian berupa skrining tersebut dilakukan di Singapura, antara tahun 2007-2009. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa 26,4 persen pria mengalami gejala-gejala andropause.


Apa penyebab andropause?


Istilah menopause pada pria umumnya digunakan untuk menggambarkan penurunan kadar hormon testosteron yang berkaitan dengan penuaan.


Perlu diketahui, testosteron pada pria mulai muncul pada usia remaja, berperan dalam perkembangan karakter fisik pria. Mulai dari rambut wajah, suara yang dalam, kekuatan otot, hasrat seksual yang kuat, serta perilaku kompetitif.


Testosteron diproduksi oleh testis. Seiring dengan usia yang menua, kadar testosteron dalam tubuh akan menurun secara alami. Tingkat testosteron secara bertahap akan menurun seiring pertambahan usia pria. Menurun sekitar 1 persen setahun saat pria masuk usia 30.


Meski begitu, beberapa kondisi medis juga dapat memicu terjadinya andropause dini pada pria. Misalnya kanker testis atau operasi pengangkatan testis (kebiri). Pasien dengan kanker prostat yang mendapatkan terapi anti testosteron juga akan mengalami penurunan kadar testosteron, sehingga mengakibatkan andropause.


Tanda-tanda andropause


Mirip dengan yang dialami wanita, andropause juga dapat menyebabkan berbagai gejala fisik dan psikis, meliputi:


  1. Hilangnya konsentrasi
  2. Mudah lelah
  3. Perubahan perilaku dan perubahan mood
  4. Depresi
  5. Hasrat seksual yang rendah
  6. Disfungsi ereksi alias impotensi
  7. Gejala lain seperti penurunan massa otot, gangguan memori, serta insomnia

Untuk memastikan apakah gejala-gejala tersebut diakibatkan oleh andropause, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan kadar hormon testosteron dalam darah.


Bagi Ayah Bunda yang tau gejala dan tanda-tanda lainnya yuk dishare juga..


Sumber: klikdokter.com


Kategori:
 ·  balasan terakhir: Tania
91
4

Halo Ayah Bunda, saya sudah punya anak satu. Sekarang saya sedang dalam promil untuk anak kedua. Tapi sejauh ini belum berhasil bunda. Saya melahirkan tahun 2017, dan saya sudah berhenti KB sejak tahun awal 2021. Tapi sampai sekarang belum membuahkan hasil juga bund smile. Bagi Bunda yang pernah mengalami masalah yang sama boleh berbagi cerita Bund. Makasih Ayah Bunda smile.


Kategori:
 ·  balasan terakhir: Tania
94
3
Kanaya :) diposting Apr 12 pada 9:59 am

Hay bunda, saya mau share beberapa fakta seputar kesuburan yang wajib bunda ketahui. Semakin cepat Ayah Bunda tahu mengetahi fakta-fakta seputar kesuburan akan semakin bagus. Kenapa? tentu saja agar Ayah Bunda sadar mengenai kesuburan dalam kondisi sedini mungkin. Yuk, Ayah Bunda disimak bareng-bareng.


Kesuburan Menurun Seiring dengan Bertambahnya Usia


Tahukan ayah bunda bahwa faktanya, kesuburan bunda akan meningkat sejak haid pertama hingga memasuki usia 20-an. Usia terbaik untuk memiliki anak pertama adalah pada usia 25. Usia ini sering juga disebut sebagai usia emas. Bagi bunda, kesuburan akan mulai menurun ketika memasuki usia 30an.


Banyak Beban Pikiran (Depresi)


Terlalu banyak beban pikiran juga dapat mempengaruhi kesuburan bunda loh. Bagi Ayah yang sedang menjalani Promil Alami, jangan sering-sering membuat bundanya pusing ya. Faktanya, seorang bunda yang sedang stres mempertinggi risiko terjadinya keguguran loh.


Kurang Asupan Nutrisi


Hal ini sering juga terjadi pada para bunda yang suka diet keras nih. Diet yang berlebihan dapat menurunkan kinerja organ tubuh termasuk organ reproduksi. Bunda harus tetap optimis bahwa bunda tetap seksi meskipun tidak kurus lagi. Coba bunda tanya ke Ayah deh, Ayah pasti bangga kalau bunda jadi semakin berisi setelah menikah dengannya. Karena itu lambang dari kesuksesan dia dalam menafkahi.. hehe smile


Obesitas


Meskipun naiknya berat badan setelah menikah salah satu lambang kesuksan dalam menafkahi. Perlu diketahui juga bahwa segala yang berlebihan itu tetap tidak baik. Apalagi sampai obesitas. Faktanya kualitas sel telur yang dikeluarkan akan menurun jika bunda obesitas. Selain itu kesehatan janinnya juga akan terganggu meskipun pembuahannya berhasil. Diantara Fakta-Fakta seputar kesuburan lainnya. Obesitas memang lemah pengaruhnya terhadap kesuburan. Tetapi tetap harus dipertimbangkan ya Bund. Bagi bunda yang ingin mengetahui obesitas atau tidaknya bisa gunakan .


Kebersihan Organ Kewanitaan


Fakta lain seputar kesuburan adalah kebersihan organ reproduksi juga mempengaruhi kesuburan loh. Organ reproduksi baik Ayah atau Bunda yang terinfeksi oleh bakteri atau virus akan memperkecil persentase keberhasilan Promil. Bagi bunda keberadaan mikroorganisme dalam rahim juga mempengaruhi tingkat keasaman rahim sehingga dapat mempengaruhi ketahanan benih-benih cinta yang Ayah tanamkan smile.


6254ea93e9bec Gambar pemanis dari pixabaysmile


Itu saja Fakta-Fakta Seputar Kesuburan yang saya share hari ini. Jika Ayah Bunda pernah baca Fakta-Fakta lainnya bisa dishare di sini juga ya Ayah Bunda. Sekian dan terima gaji smile.


Kategori:
 ·  balasan terakhir: Tania
98
3
adistiatanaya diposting Apr 7 pada 10:10 am

Halo ayah bunda, saya sekarang sedang hamil muda. Dua minggu lalu sudah test pakai testpack hasilnya positif. Beberapa hari terakhir keluar sedikit gumpalan darah. Sekarang keluarnya sudah mulai berkurang, tinggal bercak kehitaman. Saya masih mual-mual sampai sekarang. Itu tandanya saya keguguran atau gimana ya bund? Bagi bunda yang mengalami hal yang sama, boleh berbagi cerita.. smile


Kategori:
 ·  balasan terakhir: Tania
165
4
kartikea diposting Apr 5 pada 8:59 am

Hai Ayah & Bunda yang lagi promil alami. Ada beberapa tips nih biar promilnya makin mulus. Berikut cara meningkatkan kualitas kualitas sperma dikutip dari hellosehat.com.



Tidak semua pria mempunyai kualitas sperma yang sehat. Hal ini dipengaruhi dari gaya hidup serta kondisi kesehatan tertentu seperti kelainan sperma.
Sumber: Mayoclinic



Namun, masih ada beberapa cara sederhana yang dilakukan untuk membantu mengatasinya.


Ada berbagai cara meningkatkan kualitas sperma untuk memperbaiki kondisi kesuburan. Hal ini diperlukan ketika Anda sedang melakukan program hamil. Umumnya cara tersebut berkaitan dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat serta meninggalkan kebiasaan lama. Jadi, apa saja cara meningkatkan dan memperbaiki kualitas sperma bagi pria yang perlu diketahui?


Berikut cara meningkatkan serta memperbaiki kualitas sperma yang berhubungan dengan gaya hidup Anda.


  1. Melakukan olahraga secara teratur. Olahraga sesekali rupanya belum cukup untuk membantu Anda meningkatkan kualitas sperma. Salah satu cara memperbaiki kualitas sperma, Anda harus rutin melakukan olahraga, bukan hanya sesekali.Sebagai contoh, cukup berolahraga dua hingga tiga kali dalam seminggu. Pasalnya, rajin berolahraga bisa membantu meningkatkan kadar testosteron serta kualitas sperma yang lebih baik. Akan tetapi, Anda juga perlu berhati-hati untuk tidak melakukan olahraga secara berlebihan. Hal ini bisa membuat tubuh jadi mudah lelah serta menurunkan kadar hormon testosteron.

  2. Menjaga berat badan ideal. Tidak hanya wanita, menjaga berat badan juga perlu dilakukan pria untuk menjaga kesuburan serta meningkatkan kualitas sperma. Apabila tidak menjaga berat badan, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengalami obesitas. Pria dengan berat badan berlebih hampir dua kali berisiko untuk memiliki jumlah sperma lebih sedikit dan pergerakan sperma yang buruk.

  3. Mengonsumsi makanan sehat. Menjaga pola makan serta memilih makanan bernutrisi merupakan hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sperma. Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan penyubur sperma. Sebagai contoh, makanan yang kaya anti-oksidan untuk meminimalisir adanya racun di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan likopen. Laporan dari Ohio’s Cleveland Clinic menemukan bahwa konsumsi likopen dapat meningkatkan kualitas, mobilitas, dan volume sperma hingga 70%. Likopen merupakan nutrisi penting yang umumnya ditemukan dalam buah dan sayuran seperti tomat, stroberi, ceri, dan paprika merah.

  4. Hindari stres untuk meningkatkan kualitas sperma.Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas sperma adalah mengurangi stres. Anda juga disarankan untuk menjauhi hal-hal yang menjadi pemicu stres. Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal berjudul Nature Reviews Urology menyatakan bahwa stres memengaruhi kesuburan. Hal ini karena dapat mengurangi kepuasan terhadap hubungan seks yang dilakukan. Hubungan antara stres dengan kesuburan ini dipercaya terjadi karena adanya hormon kortisol di dalam tubuh. Saat Anda merasakan stres dalam jangka waktu yang lama, hormon kortisol akan meningkat. Ini dapat memberikan dampak buruk pada hormon reproduksi, yaitu hormon testosteron. Masalahnya, saat hormon kortisol meningkat, hormon testosteron justru menurun. Padahal, hormon testosteron termasuk hormon yang dibutuhkan untuk pembentukan sperma. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa stres. Sebagai contoh adalah berjalan kaki di tempat yang tenang, bermeditasi, atau menghabiskan waktu dengan support system.

  5. Menghindari alkohol. Meski belum dapat dipastikan kebenarannya, alkohol dapat memengaruhi kesuburan. Hal ini berujung pada menurunnya kualitas sperma serta kesehatan tubuh. Menurunnya kualitas sperma karena alkohol efeknya adalah penurunan hormon testosteron, impotensi, hingga penurunan produksi sperma. Maka dari itu, akan lebih baik apabila Anda membatasi kadar alkohol untuk meningkatkan serta memperbaiki kualitas sperma.

  6. Berhenti merokok untuk meningkatkan kualitas sperma. Merokok adalah salah satu gaya hidup yang kurang sehat dan kebiasaan ini bisa memengaruhi kualitas sperma Anda. Jika Anda memang ingin meningkatkan kualitas sperma, akan lebih baik jika menghentikan kebiasaan ini. Tidak hanya Anda, racun asap rokok yang menempel di tubuh juga bisa memengaruhi pasangan. Apabila ingin melakukan program hamil, setidaknya dibutuhkan waktu hingga 3 bulan unttuk mengeluarkan racun nikotin terlebih dahulu.

  7. Melakukan hubungan seks secara rutin. Rutin berhubungan seks adalah salah satu cara yang bisa Anda tempuh untuk meningkatkan kualitas sperma. Tidak hanya membantu agar pasangan cepat hamil, rutin melakukan hubungan intim dapat meningkatkan kesuburan. Pasalnya, pergerakan serta bentuk sperma dipengaruhi oleh jumlah hari di mana Anda sedang tidak berhubungan seks. Sebagai contoh, coba berikan jeda selama dua hari untuk tidak berhubungan intim sehingga sperma berada di kondisi terbaik. Maka dari itu, selain di masa subur Anda juga bisa melakukan hubungan seks setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk membantu memperbaiki kualitas sperma agar pergerakan dan bentuknya memenuhi kriteria. Lalu, hindari penggunaan pelumas untuk menghindari terjadinya masalah kesuburan serta penurunan kualitas sperma.

  8. Menjaga suhu tubuh tetap normal. Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas pserma adalah menjaga suhu tubuh. Hal ini tidak ada salahnya untuk dilakukan karena sperma cukup sensitif terhadap suhu tinggi. Apabila Anda setiap hari mandi dengan air panas, coba untuk mengurangi intensitasnya. Walaupun efeknya tidak langsung, lama kelamaan kebiasaan ini bisa memengaruhi kualitas serta merusak sperma. Selain itu, Anda juga harus mengurangi kebiasaan duduk terlalu lama. Masalahnya, kebiasaan duduk berjam-jam dapat meningkatkan temperatur atau suhu tubuh pada area skrotum.

  9. Menghindari penggunaan celana ketat. Meningkatnya suhu panas di area kelamin juga bisa terjadi karena penggunaan celana yang terlalu ketat. Penggunaan celana terlalu ketat memiliki risiko meningkatkan suhu di sekitar area skrotum, yang merupakan tempat produksi sperma. Selain itu, ada pula efek menekan area skrotum ketika pria menggunakan celana terlalu ketat. Anda juga bisa mengganti celana dalam dengan bahan katun dan serat alami untuk mengganti pakaian dalam sintetis dan ketat. Maka dari itu, hindari kebiasaan ini sebagai salah satu cara meningkatkan dan memperbaiki kualitas sperma.

  10. Menghindari bahan kimia beracun. Ada banyak pekerjaan yang meningkatkan risiko tubuh Anda terpapar oleh bahan-bahan kimia beracun. Khususnya bagi Anda yang bekerja di lapangan, di bidang pertambangan dan sejenisnya. Tentu ada banyak sekali bahan kimia yang memengaruhi kesuburan seperti rimbal, pestisida, dan lain-lain. Apabila tidak bisa dihindari, Anda bisa mencoba cara dengan melindungi diri seperti menggunakan peralatan pelindung. Selain itu, coba pula hindari kontak kulit dengan bahan kimia.

  11. Mengonsumsi suplemen tambahan. Tidak cukup hanya dengan menjaga pola makan, Anda bisa meningkatkan kualitas sperma dengan suplemen tertentu. Sebagai contoh dengan mengonsumsi vitamin C atau vitamin D yang dapat menambah kadar hormon testosteron. Selain itu, vitamin C juga kaya akan kandungan anti-oksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sperma. Beberapa jenis suplemen lainnya yang bisa Anda konsumsi untuk membantu meningkatkan kualitas sperma, seperti:

    • Zinc
    • Selenium
    • Coenzyme Q10
    • Vitamin E
    • Asam folat
    • Vitamin B12

Kategori:
 ·  balasan terakhir: Tania
96
6

Cara Agar Suami Minta Lagi dan Betah di Ranjang


Halo ayah bunda, saya mau berbagi tips nih buat ayah bunda biar mesra di ranjang seperti waktu masih penganten baru. hehe.. Hubungan ranjang yang harmonis juga membantu ayah bunda dalam menjalani promil alami. Dalam promil alami, biasanya kita disarankan untuk berhubungan dua hingga tiga kali dalam seminggu. Tapi tidak semua suami bersemangat untuk berhubungan kalau frekuensi berhubungan sesering itu.
623c20a5257c9


Nah di sini saya akan berbagi tips buat bunda yang suaminya kurang bergairah kalau berhubungan dua sampai tiga kali seminggu. Para bunda ingin juga kan mendengar hal ini dari sudut pandang para suami, hehe.. smile


Menurut artikel dengan judul , gairah berhubungan seksual laki-laki memang lebih tinggi daripada perempuan. Namun, para suami seringkali menarik diri karena alasan lain. Dikutip dari Eight Ways to Make Your Husband Want You Again yang ditulis oleh Debra (Penulis profesional tentang pernikahan), berikut ini ada beberapa tips buat bunda agar suami minta lagi dan lagi.


  1. Jangan terlalu bertingkah seperti ratu jadi-jadian. Saya sebagai suami lumayan setuju dengan ini nih. Jangan terlalu rewel, sering menuduh suami yang bukan-bukan, sering mengatur-atur. Saya sebagai seorang suami kalau sering dituduh ini itu padahal saya tidak melakukannya. Seringkali menjadi tidak bergairah ketika melihat istri :(. Bagaimana mau berhubungan tiga kali seminggu kalau melihat istri jadi kurang bergairah. Mau berhubungan aja ragu, apalagi minta lagi dan lagi?
  2. Jangan terlalu jadi penurut dan pasif. Ini salah satu bocoran lagi buat bunda. Istri yang selalu menurut dan rela melakukan apapun asal bisa tetap bersama suami seringkali membuat suami memandang remeh istrinya. Kalau saya sih tidak tega begitu bund |( . Agar menjadi istri yang diidam-idamkan suami, selalu terlihat menarik dan hubungan tetap harmonis. Bunda perlu menjadi pendamping bagi ayah, bukan menjadi pendamping atau hanya pengikut.
  3. Meski sudah menjadi istri, tetaplah bertingkah seperti pacar. Setelah tahun pertama pernikahan, seringkali hubungan menjadi longgar. Salah satu cara agar suami minta lagi dan lagi adalah dengan tetap memperlakukannya seperti pacar. Gairah seksual tidak hanya dibangkitkan dengan memakai pakaian yang mengundang birahi. Selain dengan merawat diri, perlakuan bunda ke sang suami juga bisa membuatnya minta lagi dan lagi :P.
  4. Beri apresiasi pada suami bunda. Memuji dan berterima kasih kepada suami juga berdampak positif dalam hubungan. Hayo, kapan terakhir kali bunda memuji dan berterima kasih ke Suami. Atau kapan terakhir bunda memuji suami di ranjang? Pujian dari bunda juga bisa membuat suami minta lagi dan lagi. Karena pujian dari istri itu membuat suami merasa jadi pria banget. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memuji suami setelah berhubungan ya bunda.
  5. Sekali-kali temani hobinya. Istri yang bisa menemani hobi suami itu langka loh bunda. Jika bunda bisa menemani suami ketika sedang melakukan hobinya. Suami bunda jadi nempel banget sama bunda. Tentu saja akan menjadi lebih mudah agar suami minta lagi dan lagi. Menggoda suami juga akan lebih mudah jika secara batin suami sudah terikat dengan bunda (blush).
  6. Terbuka tentang masalah ranjang. Cara selanjutnya agar suami minta lagi dan lagi adalah terbuka soal masalah ranjang. Bunda bisa bercerita kepada suami lebih suka posisi yang bagaimana. Hal-hal yang tidak bunda suka di ranjang apa saja. Bunda juga bisa bertanya pada suami tentang apa saja yang dia sukai. Keterbukaan dapat meningkatkan keintiman dan kepuasan di atas ranjang. Jika bunda ingin berhubungan dengan suami, bunda bisa memulainya dengan menggoda. Setelah tergoda tentu saja suami yang akan meminta lagi dan lagi. Jika pernikahan mulai terasa hambar, meningkatkan frekuensi hubungan seks merupakan salah satu solusinya.

Demikian tips atau cara agar suami minta lagi dan lagi yang saya baca di huffington post dan ditambah dengan klarifikasi dari saya sebagai ayah smile. Tidak adil rasanya jika cara ini hanya dilakukan oleh bunda. Jadi, jika bunda ingin berbagi suara hati dari sudut pandang bunda. Silahkan berbagi dengan kami para ayah agar bisa menjadi ayah yang bunda idam-idamkan juga smile. Terima kasih bunda sudah membaca sampai sini.


Kategori:
 ·  balasan terakhir: PritaPertiwi
53
5

Rumah tangga yang harmonis bisa terjadi jika ada rasa saling cinta antara Anda dan dia. Banyak suami yang gak tahu bagaimana cara mengekspresikan atau menunjukkan cintanya kepada sang istri.


Namun bukan berarti dia gak mencintai pasangannya. Banyak suami yang sebenarnya sangat takut kehilangan istri yang dia cintai.


Menghindari konflik yang gak perlu


Konflik adalah sebuah hal yang pasti terjadi dalam setiap hubungan. Namun, apabila diselesaikan dengan cara yang sehat, sebuah konflik justru bisa menjadi penguat untukmu juga pasangan.


Sosok pria yang takut kehilangan istrinya sebisa mungkin akan selalu menghindari konflik yang tak perlu.


Sehingga, takkan pernah ada kata-kata kasar darinya yang berpotensi membuatmu terluka.


Gak malu untuk mengalah


Sering kali, cara ini dilakukan oleh pria kepada wanita tercinta untuk menghindari konflik. Dengan begitu, sebuah permasalahan bisa lebih mudah untuk terselesaikan tanpa pertengkaran yang berarti. Hanya sosok pasangan yang punya kontrol diri tingkat tinggi yang bisa bertindak bijaksana seperti ini.


Namun, jangan sesekali bermain-main dengan kesabaran suami hanya karena dia kerap memilih untuk mengalah.


Kamu adalah prioritas utama dalam hidupnya


Biasanya, sosok pria yang takut kehilangan istrinya akan selalu menjadikan kamu sebagai prioritasnya dalam hidup. Tentu saja, dia akan berusaha untuk selalu ada ketika kamu membutuhkannya. Bahkan, di tengah-tengah kesibukannya dalam bekerja sekalipun.


Perilaku semacam ini gak lain ditujukan untuk membuktikan besarnya cinta yang dia miliki untukmu sebagai seorang istri.


Peduli dengan keluarga dan orang terdekat kamu


Ketahuilah, sosok suami yang takut kehilangan kamu sebagai seorang istri akan berusaha untuk dekat dengan orang-orang penting dalam hidupmu.


Sebab, dia ingin diterima oleh lingkungan dan juga keluarga kamu.


Percayalah, mungkin ini bukan hal yang mudah untuknya. Namun, dia lakukan begitu saja hanya untuk wanita yang dicintainya.


Selalu siap memenuhi kebutuhan kamu


Seorang pria yang amat takut kehilangan istrinya akan selalu siap memenuhi kebutuhan kamu.


Meski terkadang apa yang kamu butuhkan tidaklah penting, dia akan selalu mengusahakan yang terbaik untuk mewujudkannya.


Padahal sebenarnya, kesungguhan hati suami jauh lebih berharga di mata kamu daripada sesuatu yang dia berikan.


Merencanakan masa depan bersama


Kamu adalah satu-satunya perempuan yang akan menghabiskan masa tua bersamanya.


Maka dari itu, suami harus mengusahakan yang terbaik agar selalu terikat bersama.


Salah satunya adalah melibatkan kamu untuk merencanakan masa depan secara matang.


Cemburu saat kamu dekat dengan lelaki lain


Cemburu saat kamu dekat dengan lelaki lain juga merupakan salah satu ciri dari suami yang takut kehilangan istrinya.


Ini berarti suami kamu amat takut jika perempuan paling berharga dalam hidupnya gak lagi cinta dan memilih pergi.


Meski begitu, jangan samakan hal semacam ini dengan sikap posesif atau mengekang. Keduanya jelas berbeda.


sumber: herstory.co.id


Kategori:
 ·  balasan terakhir: PritaPertiwi
54
5

Halo ayah bunda, saya sudah punya anak satu dan setahun kemaren saya KB dengan KB suntik. Bulan depan saya rencana ingin memulai program hamil lagi. Sedangkan bulan depan itu sudah masuk bulan puasa ayah bunda. Nah, pertanyaannya apakah tidak apa-apa promil di saat puasa?


Kategori:
 ·  balasan terakhir: PritaPertiwi
58
4
Amanda Astrillia diposting Mar 14 pada 3:03 pm

Selamat siang bunda.smile
Saya mau nanya tentang khasiat daun sirih untuk kesehatan rahim. Saya sering direkomendasikan untuk menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan miss v. Itu apa manfaatnya ya bunda? Apa berpengaruh bagi kesuburan? Terima kasih bun.smile


Kategori:
 ·  balasan terakhir: RatnaSeria
65
3

Halo semua, saya mau bertanya juga tentang lama menstruasi. Jadi saya dan istri itu mau program punya anak lagi setelah KB. Tapi istri saya beberapa bulan setelah berhenti KB haidnya jadi terlalu lama. Biasanya haid hanya sekitar 4 hari, tapi setelah berhenti KB udah seminggu lebih haidnya masih belum berhenti. Bagi bunda-bunda yang pernah mengalami masalah yang sama boleh share pengalamannya di sini.
Terima kasih Ayah Bunda smile


Kategori:
 ·  balasan terakhir: RatnaSeria
61
6

Halo ayah & bunda,
Perkenalkan saya Leona, saya dan suami sudah menikah selama 8 tahun. Tahun ini saya sudah berusia 33 Tahun. Kami berdua sudah berusaha saling menguatkan beberapa tahun terakhir. Tapi kadang saya sedih juga kalau denger omongan tetangga yang lama-lama bikin kuping panas jugasmile


Kondisi seperti ini sering kali membuat saya menyalahkan diri sendiri, badmood ke suami dan berujung dengan bertengkar dengan suami. Bebeberapa tahun terakhir saya jadi semakin sering bertengkar dengan suami.


Boleh dong ayah bunda berbagi tips untuk menjaga hubungan agar tetap harmonis meskipun belum punya buah hati. Terima kasih.. smile


Kategori:
 ·  balasan terakhir: Amanda Astrillia
116
5
Tania diposting Mar 4 pada 5:44 pm

Ciri-ciri pria tidak subur


Halo ayah bunda, saya tadi baca artikel tentang kesuburan pria. Karna saya tidak mau selalu disalahkan sama ayah, jadi saya coba cari tanda tandanya deh. Berikut ini adalah beberapa tanda pria tidak subur yang umum menunjukkan adanya kemungkinan infertilitas pada pria menurut Urology Health, di antaranya:


1. Adanya permasalahan pada fungsi seksual


Misalnya, susah untuk mencapai fase ejakulasi saat berhubungan badan, kuantitas atau volume dari cairan sperma sedikit, rendahnya hasrat untuk berhubungan seksual, hingga sulit mempertahankan ereksi.


2. Adanya gejala-gejala tidak normal pada penis atau testis


Hal ini dapat berupa rasa nyeri, bengkak, atau munculnya benjolan di area sekitar testis. Gejala tidak normal pada testis juga dapat menjadi tanda adanya infeksi penyakit tertentu.


3. Infeksi pada organ-organ saluran pernapasan yang terus berulang


Ciri-ciri pria tidak subur lainnya adalah adanya infeksi pada organ saluran pernapasan yang disebabkan baik oleh bakteri maupun virus. Kondisi ini juga ditandai dengan berkurangnya kemampuan dalam mencium bau.


4. Ukuran testis yang terlalu kecil


Ukuran testis juga bisa menjadi ciri-ciri pria tidak subur. Testis merupakan organ yang memproduksi sperma. Inilah sebabnya, kesehatan testis sangat penting untuk memastikan kondisi kesuburan pria. Testis kecil dapat mengindikasikan potensi masalah yang harus dieksplorasi oleh pihak medis.


5. Kuantitas sperma yang sedikit


Hal ini sangat berpengaruh pada kesuburan seorang pria Pasalnya, mempunyai jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan jumlah sperma normal akan menurunkan potensi dan kemungkinan sperma yang mampu meraih sel telur dan menghasilkan pembuahan.


Menurut Ayah bunda, apakah tanda-tanda tersebut benar. Thank you..


Kategori:
 ·  balasan terakhir: Amanda Astrillia
63
7
Bocah Indonesia diposting Feb 24 pada 4:41 pm

Halo Ayah & Bunda,
yuk diskusi seputar masalah kesuburan, karena #SadarSubur itu penting. Hari ini kita akan diskusi seputar "Azoospermia". Apa sih azoospermia itu? Ayah & Bunda boleh share pengetahuan seputar azoospermia di sini. Bagi ayah bunda yang aktif dan selalu memberikan jawaban yang solutif akan admin berikan lencana dan sedikit voucher smile


Kategori:
 ·  balasan terakhir: RatnaSeria
141
7

Menjalani program hamil merupakan impian bagi pasangan suami istri. Biasanya kerap ada pengalaman-pengalaman menarik di dalamnya.


Nah, Ayah Bunda yang sedang menjalani program hamil atau pun yang baru merencanakan program hamil, yuk share cerita-cerita menarik Ayah Bunda di sini! Baik yang Ayah Bunda alami sendiri ataupun yang dialami kerabat/teman dekat.


Kategori:
 ·  balasan terakhir: Rantiputricia
91
6

Halo ayah bunda, saya baca-baca di blog muarapromil dan ketemu artikel ini. Menurut ayah bunda yang sudah pernah konsultasi. Apa yang dimaksud artikel ini benar?


Apa Penyebab Terjadinya Azoospermia?


Kebiasaan buruk

Kebiasaan ini meliputi banyak hal, dari berbagai aktifitas sehari-hari yang Anda lakukan. Seperti merokok, sering begadang, minuman keras, dan tidak suka berolahraga. Kebiasaan tersebut secara tidak langsung telah merusak jaringan sitem produksi sperma lho. Akibat adanya penyumbatan pada jaringan testis, maka produksi sel sperma jadi terhalang atau terhenti, sehingga timbullah keluhan Azoospermia atu nol sperma. Untuk itu, baiknya Anda hindari ini yah ayahhh ganteng.


Akibat pengaruh mesin atau radiasi

Perlu anda ketahui, bahwa sering menyetir mobil atau duduk terlalu lama di bagian mesin kendaran, ini ternyata dapat merusak sperma dan bahkan ada sebagian besar pria yang memiliki aktifitas tersebut sepermanya banyak yang mati, ini tentu juga salah satu hal yang dapat merusak sperma. Bukan hanya itu, namun bagi Anda yang sering meletakan handpone di saku celana dan sering meletakan leptop di pangkuan, ini juga sama dapat merusak sperma.


Aspek pemicu dari terdapatnya kendala ini merupakan sebab terdapatnya penyumbat pada saluran spermatozoa( azoospermia obstruksi), ataupun testis yang hadapi kegagalan dikala memproduksi spermatozoa( azoospermia non obstruksi). Kedua perihal tersebut ialah pemicu dari terbentuknya permasalahan azoospermia pada laki- laki yang dapat menimbulkan kemandulan, adanya penyumbatan tersebut, maka sistem reproduksi pria tidak dapat memproduksi sel sperma, sehingga tidak bisa menghasilkan sperma atau nol sperma.


Keturunan

Faktor dari keturunan juga bisa, jika ada keluarga atau sodara yang mengalami azoospermia. Maka, hal tersebut juga tidak menutup kemungkinan terjadi pada Anda.


Obat-obatan tertentu

Dari berbagai obat yang anda konsumsi ini juga dapat mempengaruhi kesuburan sperma dan mempengaruhi sitem reproduksi, jika sistem reproduksi sperma terganggu, maka tubuh tidak bisa menghasilkan sel sperma atau azoospermia. Sama dengan Anda sedang menjalani pengobatan kanker, ini juga bisa jadi penyebanya karena sering minum obat.


Pembengkakan Pada Skrotum Atau Varikokel

Ini juga salh satu penyebanya, jika anda mengalami varikokel, maka secara tidak langsung itu juga berpengaruh pada sistem REPRODUKSI Anda dan mengakibatkan sumbatan yang menjadi penyebab azoospermia.


Ketidakseimbangan Hormon

Apabila anda mengalami hormon yang tidak seimbang, ini mempengaruhi proses peroduksi sperma juga. Jadi bukan hanya wanita saja yang harus seimbang hormonya, tapi suami juga. Agar hormon seimbang, lakukan gaya hidup sehat setiap hari.


Nah, itulah masalah umum yang dapat menyebabkan anda mengalami azoospermia atau faktor penyebab terjadinya azoospermia. Anda harus tahu dan bisa memahami itu, karena memang semua itu terjadi dan dilakukan tanpa kita sadari.


Mohon tanggapannya ayah bunda. Terima sayang sebelumnya, xixixii..


Kategori:
 ·  balasan terakhir: PritaPertiwi
69
7

Halo Ayah & Bunda,


Saya pasangan yang sudah KB selama belasan tahun. Waktu itu rencanannya kami cuma pengen punya anak satu. Tapi setelah anak kami menginjak remaja dan sudah tidak lucu lagi (sekarang sudah tampan). Ada hasrat di hati kecil kami untuk pengen punya si kecil lagi.


Nah, masalahnya suami saya itu sudah kb permanen. Saluran spermanya sudah dipotong gitu, kata dokternya sih vasektomi.
Oh iya, saya sudah berusia 34 tahun dan suami saya 37 tahun. Apakah ada yang punya pengalaman promil lagi setelah saluran spermanya dipotong? Boleh dong Ayah & Bunda berbagi cerita dengan saya beserta kemungkinan berhasilnya. smile


Kategori:
 ·  balasan terakhir: PritaPertiwi
70
7

Berbagai Penyebab Infertilitas pada Pria


Infertilitas pria bisa terjadi ketika pria tidak bisa menghasilkan sperma dalam jumlah yang cukup, sperma berkualitas baik, atau tidak bisa menghasilkan sperma sama sekali (azoospermia).


Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti gangguan hormonal, kelainan fisik, dan masalah psikologisBerikut ini adalah berbagai penyebab infertilitas pria yang penting untuk Anda ketahui:


1. Gangguan tiroid


Hormon tiroid berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh dan kinerja organ reproduksi pria, termasuk produksi dan kualitas sperma.


Oleh karena itu, ketika hormon tiroid bermasalah, misalnya karena kelebihan hormon tiroid (hipertiroidisme) atau kekurangan hormon tiroid (hipotiroidisme), seorang pria bisa mengalami infertilitas.


2. Hiperprolaktinemia


Diperkirakan sekitar 10–40% kasus infertilitas pria disebabkan oleh hiperprolaktinemia atau kondisi ketika kadar hormon prolaktin dalam darah meningkat drastis hingga melebihi batas normalnya.


Kadar prolaktin yang terlalu tinggi dapat memengaruhi produksi sperma, hasrat untuk berhubungan seksual atau libido, hingga impotensi.


3. Hipogonadotropik hipopituitarisme


Hipogonadotropik hipopituiratisme adalah kondisi rendahnya produksi hormon perangsang folikel (FSH) dan hormon luteinizing (LH) di kelenjar pituitari. Rendahnya produksi FSH dan LH dapat memicu terjadinya penurunan jumlah dan kualitas sperma, sehingga menimbulkan infertilitas pria.


4. Kelainan genetik


Kelainan genetik juga turut menjadi salah satu penyebab infertilitas pria. Kelainan ini bisa membuat organ reproduksi pria tidak bisa bekerja dengan baik atau terdapat masalah pada hormon seks pria (testosteron), sehingga berpengaruh pada produksi, pergerakan, dan kualitas sperma.


Beberapa penyakit akibat kelainan genetik yang dapat membuat seorang pria menjadi kurang subur atau mandul adalah hiperplasia adrenal kongenital, sindrom Klinefelter, dan sindrom Kallmann.


5. Panhipopituitarisme


Panhipopituitarisme adalah kondisi ketika kelenjar hipofisis atau pituitari di otak tidak dapat menghasilkan hormon dengan baik. Akibatnya, berbagai sistem organ di dalam tubuh dapat terganggu, termasuk organ reproduksi.


Pada pria, kondisi ini bisa menyebabkan infertilitas dan gangguan lain, seperti ukuran testis yang kecil, impotensi, pembesaran payudara, dan penurunan hasrat seksual.


6. Infeksi


Infeksi dan peradangan pada organ reproduksi pria bisa menyebabkan terjadinya infertilitas pria. Beberapa penyakit infeksi yang dapat menyebabkan kemandulan pada pria adalah radang testis, radang prostat atau prostatitis, infeksi saluran kemih, hingga penyakit menular seksual, seperti HIV, gonore, dan sifilis.


7. Varikokel


Varikokel adalah kondisi melebarnya pembuluh darah dalam kantung zakar, sehingga menyebabkan kualitas dan kuantitas sperma terganggu. Hal ini yang menyebabkan sekitar 15–40 persen pria mengalami infertilitas.


8. Kelainan saluran sperma


Saluran sperma bisa mengalami kerusakan atau penyumbatan akibat cedera, infeksi, peradangan, hingga cacat bawaan lahir.


Kondisi tersebut bisa membuat sperma sulit atau tidak bisa dikeluarkan dari penis, sehingga tidak bisa membuahi sel telur. Akibatnya, pria yang mengalaminya akan mengalami gangguan kesuburan atau mandul.


9. Torsio testis


Torsio testis adalah kondisi ketika testis atau buah zakar terpelintir, sehingga aliran darah pada organ ini terganggu. Torsio testis bisa menimbulkan nyeri hebat pada testis secara tiba-tiba dan terkadang disertai pembengkakan skrotum atau kantung zakar.


Kondisi ini merupakan keadaan gawat darurat yang harus segera ditangani. Jika tidak, kondisi ini akan menyebabkan kerusakan pada testis dan infertilitas pria.


10. Ejakulasi retrograde


Infertilitas pria bisa disebabkan karena kelainan ejakulasi retrograde. Ejakulasi retrograde adalah kondisi ketika air mani tidak keluar melalui penis saat orgasme, tetapi justru masuk ke kandung kemih.


Pemicu terjadinya ejakulasi retrograde adalah komplikasi dari operasi prostat, kandung kemih, atau saluran kemih. Selain itu, kondisi juga bisa terjadi karena efek samping obat-obatan tertentu atau penyakit diabetes.


11. Masalah seksual


Infertilitas pria dapat terjadi karena masalah seksual seperti impotensi, ejakulasi dini, dan inkompetensi ejakulasi. Pria yang mengalami impotensi atau disfungsi ereksi akan kesulitan untuk ereksi atau mempertahankan ereksi. Pria yang mengalami impotensi juga bisa mengalami penurunan libido atau hasrat seksual.


Ejakulasi dini menyebabkan masalah kesuburan ketika ejakulasi terjadi sebelum penis benar-benar berada di dalam vagina. Sementara itu, inkompetensi ejakulasi merupakan kondisi yang membuat pria tidak mampu melakukan ejakulasi selama berhubungan seksual, tetapi dapat melakukannya saat masturbasi.


12. Kanker atau tumor


Berbagai penyakit kanker atau tumor, seperti tumor kelenjar pituitari di otak, kanker testis, dan tumor kelenjar adrenal, dapat memengaruhi organ reproduksi pria dan menimbulkan infertilitas pada pria.


Selain itu, efek samping pengobatan kanker, seperti kemoterapi dan terapi radiasi, juga bisa menimbulkan kemandulan pada pria.


13. Efek samping obat


Obat-obatan tertentu, khususnya yang digunakan dalam jangka panjang atau dosis tinggi, bisa menimbulkan efek samping berupa gangguan pada jumlah dan kualitas sperma sehingga menyebabkan infertilitas pria.


Beberapa contoh obat-obatan yang dapat menyebabkan efek samping berupa masalah kesuburan pada pria adalah kortikosteroid, terapi pengganti hormon, antipsikotik, dan obat-obatan terlarang, termasuk ganja dan kokain.


Selain berbagai penyebab di atas, infertilitas pria juga bisa disebabkan oleh komplikasi dari prosedur operasi tertentu, misalnya vasektomi, operasi hernia, operasi pada kantung zakar (skrotum) dan prostat, serta operasi testis.


Jika Ayah & Bunda pernah punya pengalaman melewati masalah tersebut. Yuk, share pengalaman di sini.


Sumber: Alodokter.com


Kategori:
 ·  balasan terakhir: Silvia Maharani
68
7

Minum air atau teh hangat


Cara menghilangkan nyeri haid pertama adalah banyak minum air atau teh hangat. Cara mudah ini efektif untuk mengurangi perut kembung atau dehidrasi yang menjadi masalah utama saat menstruasi. Perut kembung bisa bikin kram menstruasi semakin nggak nyaman dan malah memperparah, lho!


Heat pad yang kekinian atau kompres botol


Cara menghilangkan nyeri haid berikutnya adalah menggunakan benda panas yang bisa bikin otot jadi auto rileks, Charm Girls! Aliran darah yang lancar akan membuat otot rahim jadi nggak begitu tegang. Bunda bisa tempelkan heat pad; sebuah kantong yang berisi bahan kimia yang bisa mengeluarkan panas saat terkena udara ke perut atau bisa juga menggunakan botol yang diisi air hangat.


Minyak hangat yang wangi


Minyak kayu putih, minyak telon atau beberapa minyak essential, terkenal dengan aroma dan tentunya efek yang menghangatkan tubuh; Hal ini bagus untuk menghilangkan nyeri haid dengan cepat. Caranya gampang banget, Bunda tinggal mengoleskan minyak yang Bunda suka ke bagian yang terasa nyeri. Sambil sedikit memijatnya juga bagus untuk melancarkan peredaran darah.


Olahraga


Ih, memang sih kalo lagi dapet enaknya istirahat dan rebahan sambil scrolling sosmed; tapi cobain deh berolahraga. Nggak harus berolahraga berat dengan waktu yang lama. Bahkan dengan 20 menit berjalan kaki sehari dapat membawa manfaat buat tubuh Bunda.


Demikian sedikit tips menghilangkan nyeri haid berlebihan. Nah, biasanya Bunda pakai cara apa nih untuk meredakannya? Bunda boleh berbagi pengalamannya di sini..


Kategori:
 ·  balasan terakhir: santimulyaningsih
57
7
Reniseo diposting Feb 2 pada 8:32 pm

Hai bun, kemarin saya sempat menjalanin promil, setelah dikejar sel telur hingga ada 1 yang matang. Tiba-tiba saat masa ovulasi tsb dinding rahim nya terlalu tebal. Ada punya pengalaman yg sama? Harus gimana ya. Tp jgn sampe dikuretase takut 😔


Kategori:
 ·  balasan terakhir: 2022punyababy
128
4
nitaseptiani diposting Jan 25 pada 7:23 am

Hi Moms,


Tahun ini saya 29yo, menikah dan keguguran #1 di 2018, keguguran #2 di 2019, observasi keguguran diagnosa 1/ Defesiensi zat besi, resolved di 2019 2/ APS 3/ ASA 4/ Unexplained


2020 KB alami belum mau hamil kembali, observasi keguguran lanjutan 2019


2021 mau hamil dan mulai serius promil, terapi ILS/PLI 6x sampai batas normal, diduga pcos lean, gagal inseminasi 2x, udah naik bb juga supaya ovulasi normal, cek darah lengkap sudah sebelum iui dengan catatan semua normal


2022 mau promil normal aja jaga bb, pola hidup sehat biar bisa ovulasi tanpa bantuan obat pembesar telur, dan rutin vitamin juga aspirin dosis rendah


Sejauh ini ada kepikiran IVF tapi masih ngumpulin budget, persiapan mental dan masih berharap bisa hamil alami lagi karena ada APS, saya mengalami sakit kepala yang lumayan ketika konsumsi obat pembesar telur dan progesteron sintetis.


Untuk kasus seperti saya, jika hamil kembali, dokter menyarankan untuk kombinasi aspirin dan suntik heparin dalam pantauan, juga menjaga ferritin saya agar tetap selalu normal.


Saling mendoakan ya moms, semoga segala doa yang dilangitkan dan ikhtiar yang sudah dilakukan, suatu saat yang tepat akan membuahkan hasil, aamiin


Kategori:
 ·  balasan terakhir: Sinta Amanda
88
6
styulians diposting Jan 22 pada 2:11 pm

Bun, saya sudah menikah selama 2,5 th. Dan selama itu pula saya belum pernah hamil. Saya pernah melakukan usg transvaginal tahun 2020. Dan hasilnya rahim retro. Kira2 jika saya promil di Bocah Indonesia, sebaiknya ambil program yang mana ya?


Kategori:
 ·  balasan terakhir: Sinta Amanda
Kategori
Tindak lanjut
Sembunyikan pemberitahuan
Aktifkan autoload halaman selanjutnya
Semua postingan dalam topik ini akan Dihapus ?
Sebelumnya
123
Selanjutnya
dengan selected Batalkan pilihan
Konsep tersimpan ... Klik untuk lanjut mengedit
Hapus Draft